Kamis, 17 Februari 2011

Puspa Iptek

Apa Jam Matahari Itu?
Jam Matahari/ Sundial adalah seperangkat alat yang digunakan sebagai petunjuk waktu semu lokal (local apparent time) dengan memanfaatkan MATAHARI yang menghasilkan bayang-bayang sebuah gnomon (batang atau lempengan yang bayang-bayangnya digunakan sebagai petunjuk waktu). Gnomon tersebut dipasang sedemikian rupa sehingga sejajar dengan sumbu bumi, menunjuk kearah kutub-kutub langit. Pada saat Sundial terkena sinar MATAHARI, bayang-bayang gnomon jatuh diatas sebuah bidang bertanda (bidang dial). Waktu semu local dapat diketahui dengan membaca di bagian mana jatuhnya bayang-bayang gnomon tersebut pada bidang dial.

Sundial Kota Baru Parahyangan adalah jenis Sundial pertama di Indonesia yang berfungsi sebagai sundial jenis horizontal dan vertical terpadu, juga sebagai sundial terbesar di Indonesia (Sertifikat Museum Rekor Indonesia: Mei 2002). Dengan Lokasi Proyek yang terletak pada lintang 6o51’ LS dan bujur 107 o19’BT.

Puspa Iptek – The Biggest Sundial

Puspa Iptek (Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) adalah Suatu Gedung yang didalamnya terdapat berbagai macam Alat Peraga Pendidikan dan Gedung tersebut merupakan penyangga Jam Matahari Vertikal dan Horisontal terintegrasi pertama dan terbesar di Indonesia yang diresmikan oleh Menristek dan Mendiknas Tahun 2002 (mendapat 2 Piagam MURI : Mei 2002)

Kegiatan: Bermain sambil belajar melalui pengalaman langsung dengan berbagai alat peraga yang interaktif dan edukatif. Mengenal jenis-jenis jam matahari dan mengamati langsung cara kerja jam matahari.

Alat Peraga

IBM Tryscience, Wajah Nengok, Kotak Pencampur Warna, Meja Cahaya, Kaleidoskop, Kepala Terpenggal, Film Kartun, Menggabung Wajah, Fatamorgana, Cakram Warna, Gunting Kertas, Pita Mobius, Tali Belenggu, Loncat Katak, Menebak Usia, Burung Setimbang, Mesin Wimshurt, Baskom Air Mancur, Kursi Paku, Tic Tac Toe, Model Kinetik Gas, Van de Graaff, Senapan Ion, Sepeda Kabel, Bimetal, Magnet & Listrik, Lonceng Elektron, Batere Tangan, Konversi Energi, Mesin Abadi, Anti Gravitasi, Kincir St Elmu, Bola Plasma, Tangga Yakub, Colour TV Trainer, Jembatan Wheatstone, Model Tsunami, Tekanan Uap, Bola Dunia Melayang, Koin Corong, Teleskop, Ellips, Planetarium, Replica Sundial, Parabola, Bongosong, Menara Hanoi, Segitiga Bilangan, Merangkai Tali, Persegi & Palang, Susunan Bangun, Lengkungan Kokoh, Bintang Bilangan, Patok Pengukur Luas, Penjumlahan Persegi, Bandul Kacau, Pusingan, Mesin Uap, Bola Melayang, Katrol, Uji Konsentrasi, Menurun Ke Atas, Hula Hoop, Ayunan Bandul, Bola Berpacu, Gyroskop, Tegangan Permukaan, Torso, Tengkorak, Sikat Gigi, Model Ikan, Model Mata, Model Sapi, Model Lidah, Model Otak Manusia, Terrarium, Pompa Archimedes, Resonansi, Viskositas, Bell Hampa, Poster Sistem Koordinasi Manusia, Poster Sistem Alat Koordinasi Ikan, Poster Sistem Alat Koordinasi Manusia, Poster Bakteri, Poster Virus, Koleksi CD Ilmiah, Koleksi Buku-buku Ilmiah dan masih banyak lagi.

Bale Seni Barli

Kegiatan Seni diantaranya : Studio Lukis, Studio Patung, Gallery, Angklung Interaktif, Batik Celup Ikat, Lukis Kaca, Lukis Gerabah, Lukis Kanvas.

Gedung Puspa Iptek ini, yang menopang fungsi Jam Matahari; secara konseptual merupakan tatanan terpadu dengan Gerbang Bumi & 12 Bulan; sehingga ketiga tatanan tersebut merupakan refleksi konstelasi Matahari – Bumi – Bulan. Di gerbang terdapat replika Bumi dari Batu Utuh berdiameter 2 M dengan bobot hampir 12 Ton yang diambil dari daerah sekitar Padalarang. Batu bulat tersebut dikelilingi oleh 12 tiang yang melambangkan 12 bulan, dimana pada masing-masing tiangnya terdapat ragam hias kalender tradisional dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara; ragam hias tersebut saat ini akan dimulai pekerjaannya. Sedangkan Gedung Puspa Iptek ini mempunyai Elemen Jam Matahari yang berada pada puncaknya sepanjang 30 M, yang mana Jarum tersebut merefleksikan bayangan ke bidang horisontal dan vertikal guna menunjukkan Jam berdasarkan pergeseran matahari.

Fun with Science & Art ( FSA )

Merupakan program terpadu antara Ilmu Pengetahuan dan Seni yang dikemas secara interaktif. Melalui Fun with Science & Art ini anda akan mendapatkan tambahan wawasan dan pembelajaran sekaligus pengalaman yang sangat menarik dan menyenangkan.

Program ini merupakan kerjasama antara Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPA IPTEK) – Sundial dengan Bale Seni Barli, Kota Baru Parahyangan.

Kegiatan Program FSA:

Gerbang Bumi dan 12 Bulan

Gerbang Kota Baru Parahyangan merepresentasikan konstelasi bumi dan bulan, yang mana bumi diwakili oleh pahatan batu utuh berdiameter 2 M dengan bobot 12 ton. Sedangkan bulan diwakili oleh 12 tiang yang merepresentasikan 12 bulan dalam setahun dan pada masing-masing tiang terdapat pahatan berbagai jenis kalender kuno dari manca Negara.

Kegiatan: Mengenal Sistem Kalender Batak (perhalan), Kalender Cina (hsia li), Kalender Jawa (tahun saka), Kalender Bali (pakuwon), Kalender Aztec (la piedra del sol), Kalender Islam, Kalender Maya, Kalender Roma, Kalender Yahudi (ibrani), Kalender Mesir (metjeru), Kalender Babylonia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar